13.50
0
Makanan Ini Berisiko Ganggu Kesehatan Anak -  Gangguan kesehatan pada anak kerap terjadi dikarenakan makanan yang dimakan. Untuk menghindari itu kali ini ria mau berbagi makanan apa saja yang beresiko ganggu kesehatan anak.
Makanan Ini Berisiko Ganggu Kesehatan Anak
Kentang Goreng
Berikut Makanan Ini Berisiko Ganggu Kesehatan Anak :

Daging Siap Saji

Hot dog, burger, kebab, dan lainnya mengandung lemak, sodium, dan nitrat yang dapat memicu kanker. Jennifer Shu, M.D. dari Healthy Children juga mengatakan bahwa daging-daging tersebut dapat membuat anakmu tersedak jika tidak memotongnya kecil-kecil. Studi dari American Institute for Cancer Research and the World Cancer Research Fund juga menunjukkan bahwa daging-daging merah tersebut dapat menimbulkan sakit jantung dan diabetes. Untuk meminimalisasi bahayanya, kamu bisa lebih memilih daging ayam dibandingkan dengan daging merah. Selain itu, daripada membeli daging-dagingan siap saji, kamu bisa ciptakan kreasi hot dog dan burger versimu sendiri dengan menambah takaran sayur-sayuran agar asupan Si Kecil seimbang.

Kentang Goreng

Si Kecil pasti lebih suka menyantap kentang goreng dibanding sayur-sayuran lainnya. Perlu kamu ingat, kentang goreng mengandung banyak sekali lemak dan kalori. Mungkin memang sekarang belum terlihat efek sampingnya, namun kamu harus ingat bahwa semua makanan yang dikonsumsi anakmu ketika masih kecil akan berdampak pada tubuhnya di masa depan, antara lain memicu munculnya  obesitas maupun penyakit kronis diabetes dan jantung. Karena itu, mulai sekarang kamu harus hati-hati dan menyeimbangkan kadar kentang goreng yang dimakan Si Kecil. Solusi lain adalah coba buat sendiri kentang goreng dari kentang segar. Karena kentang fresh memiliki kandungan serat, vitamin C, dan potasium yang lebih besar.

Minuman Kemasan

Minuman kemasan yang dijual sekarang sudah bermacam-macam bentuk dan variasi rasanya. Karena itu, kamu harus mendampingi Si Kecil setiap memilih minuman kemasan. Seperti makanan lainnya, kandungan gula yang sangat besar pada minuman kemasan ini dapat menimbulkan diabetes ataupun kerusakan pada gigi Si Kecil. Ada baiknya kalau kamu membuatkan jus buah di rumah untuk Si Buah Hati dibandingkan membeli minuman kemasan.

Keripik Sayur

Ya, keripik dengan kandungan sayur-sayuran alias veggie chips memang terlihat menyehatkan. Tapi, tetap saja yang namanya makanan kemasan itu sudah diproses sedemikian rupa agar awet dan tentunya mengandung lemak. Selain itu, kandungan nutrisi dari sayurannya sendiri sudah berangsur-angsur hilang. Seimbangkan potato chips yang kamu berikan padanya dengan wortel kecil atau mentimun sesekali untuk camilannya.


Menu 'Kiddie' di Restoran

Grilled cheese, fried chicken fingers, chicken wings, dan lainnya ternyata memiliki kalori berlebih dari yang seharusnya Si Kecil konsumsi dalam sehari lho. Dr. Shu mengatakan bahwa makanan-makanan khusus anak tersebut memiliki lemak jenuh dan sodium yang tentunya berbahaya bagi Si Kecil. Untuk mengatasinya, kamu harus kreatif. Kamu bisa memesan makanan kegemaran Si Kecil di restoran dan gabungkan dengan makanan yang lebih banyak berisi sayur. Atau kamu bisa mengajak Si Kecil untuk memilih menu makanan yang lebih banyak sayur, dan sebagai "hadiah" untuknya, kamu belikan es krim sebagai dessert.

Semoga artikel Makanan Ini Berisiko Ganggu Kesehatan Anak dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar